Perkuat Literasi Digital Bidang Keuangan BNI Selenggarakan BNI Hackfest 1’st Round Malang 2017

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI meluncurkan program “BNI Digination” yang akan menjadi sebuah gerakan di seluruh wilayah operasional BNI untuk membantu percepatan literasi transaksi keuangan secara digital bagi masyarakat Indonesia, terutama yang memiliki akses terbatas ke lembaga-lembaga keuangan. Gerakan ini akan membuka kesadaran publik bahwa teknologi digital dapat diaplikasikan dengan sebaik mungkin dalam meningkatkan kesejahteraan bersama masyarakat Indonesia secara umum.

Peluncuran BNI Digination ini dilaksanakan serentak di Malang, Jawa Timur dan Jakarta pada Rabu (22 Februari 2017). Di Malang, peluncuran BNI Digination dilaksanakan seiring dengan acara BNI Hackfest 1st Round yang bekerja sama dengan Malang Creative Fusion (MCF) dan STASION (Startup Singo Edan). Tema Hackfest 1st Round Malang kali ini adalah “Pemanfaatan layanan perbankan untuk mendukung solusi berbasis digital bagi masyarakat atau pemerintah”.

Beberapa topik yang dapat digali oleh peserta Hackfest 1st Round Malang antara lain : Bidang pelayanan publik (perijinan, pembayaran pajak, transportasi, dll) atau bidang lainnya (pendidikan, pariwisata, pertanian, ekonomi, perikanan, ketenagakerjaan, dll).

Hackfest merupakan kegiatan hackathon yang dilaksanakan oleh BNI yang dapat diikuti oleh peminat pengembang aplikasi dari berbagai kalangan seperti mahasiswa, pelajar, maupun masyarakat umum. Puncak acara Hackfest 1st Round akan berlangsung 2 hari yaitu Tgl. 11 – 12 Maret 2017 yang memperebutkan total hadiah senilai RP. 65 Juta. Pendaftaran peserta dapat dilakukan mulai tanggal 22 Febriari 2017 secara online dan tanpa dipungut biaya apapun melalui link www.bnihackfest.com.

Ada beberapa kriteria penilaian untuk menyaring ide-ide kreatif tersebut diantaranya adalah keunikan dan keaslian ide, inovasi dan kreatifitas, kemampuan integrasi ke platform atau produk-produk BNI, dampak bisnis, serta kemampuan integrasi ke platform atau produk-produk BNI, dampak bisnis, serta kemampuan untuk menjawab permasalahan yang ada di masyarakat khususnya di Kota Malang. Output dari kegiatan Hackfest ini diharapkan dapat diimplementasikan secara nyata dan tidak sekedar prototype.

Setelah acara Hackfest 1st Round Malang, selanjutnya BNI juga akan melaksanakan series berikutnya di beberapa kota di Indonesia antara lain Bandung, Yogyakarta dan Makassar.

LEAVE A REPLY